web analytics

Capaian Pembelajaran

Rumusan SIKAP dan KETERAMPILAN UMUM dari SN DIKTI

(Lampiran Kepmendiknas no 49 tahun 2014)

SIKAP
S1bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S3berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
+S11Mempunyai kemampuan dan kemauan dalam life-long learning
PENGETAHUANMATAKULIAH
*P1Menguasai konsep-konsep teoritis dan prinsip-prinsippokok fisika klasik dan fisika modernMekanika Newton untuk partikel tunggal:Mekanika sistem banyak partikel:TermodinamikaFisika statistikElektromagnetismeTeori kuantumStruktur Materi
*P2Menguasai metode-metodematematika, komputasi daninstrumentasi dalam fisikaMetode MatematikaMetode komputasiInstrumentasi
*P3Menguasai pengetahuantentang teknologi yangberdasarkan fisika danpenerapannya.Sejumlah konsep/prinsip/materi dalam butir a mendukung pengembangan teknologi, antara lain Elektromagnetika: teknologi ICT, Instrumentasi, geofisika, pertambangan, teknologi akustik dan optik, teknologi komunikasi, teknologi transportasi, dll.; Mekanika: teknologi bangunan, teknologi perkapalan, teknologi penerbangan, teknologi transportasi, dll.; Radiasi dan radioaktivitas: teknologi nuklir, teknologi kesehatan, bioteknologi, dll,; Teori kuantum: teknologi material, teknologi transportasi, dll.; Teori relativitas: teknologi komunikasi, navigasi, penginderaan jarak jauh, dll.; Termodinamika: teknologi mesin, teknologi transportasi, dll.Materi-materi spesifik dan lanjut dalam sejumlah bidang penelitian yang dikembangkan jurusan/ departemen/fakultas yang menjalankan program studi. Bagian ini menggambarkan kekhasan program studi sarjana fisika di suatu universitas dibandingkan program studi sarjana fisika di universitas-universitas yang lain.
+P4Mempunyai kemampuan menggunakan engineering tools, melakukan, menganalisa dan menginterpretasikan hasil penelitian
KETRAMPILAN UMUMMATAKULIAH
KU1mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;Kuliah, praktikum yang bersifat open-ended, riset tugas akhir: Konsep-konsep fisika secara komprehensif; konsep-konsep pada bidang keahlian spesifik (bidang fisika material, fisika bumi, fisika instrumentasi dll)
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;Kegiatan riset tugas akhir; membuat laporan tugas akhir Konsep-konsep fisika secara komprehensif; konsep-konsep pada bidangkeahlian spesifik (bidang fisika material, fisika bumi, fisika instrumentasi, dll)
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;Kegiatan riset tugas akhir , analisis terhadap data yang diperoleh dengan memasukkan konsep-konsep fisika secara komprehensif
KU6mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.Kegiatan riset dalam kelompok dan menjadi bagian dari kelompok riset,
KU7mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
KU8mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
*KU10* mengelola pembelajaran secara mandiri;* Kegiatan riset tugas akhir; tugas-tugas kuliah yang didesain untuk meningkatkan kemandirian
KETRAMPILAN UMUMMATAKULIAH
KU1mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;Kuliah, praktikum yang bersifat open-ended, riset tugas akhir: Konsep-konsep fisika secara komprehensif; konsep-konsep pada bidang keahlian spesifik (bidang fisika material, fisika bumi, fisika instrumentasi dll)
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;Kegiatan riset tugas akhir; membuat laporan tugas akhir Konsep-konsep fisika secara komprehensif; konsep-konsep pada bidangkeahlian spesifik (bidang fisika material, fisika bumi, fisika instrumentasi, dll)
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;Kegiatan riset tugas akhir , analisis terhadap data yang diperoleh dengan memasukkan konsep-konsep fisika secara komprehensif
KU6mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.Kegiatan riset dalam kelompok dan menjadi bagian dari kelompok riset,
KU7mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
KU8mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
*KU10* mengelola pembelajaran secara mandiri;* Kegiatan riset tugas akhir; tugas-tugas kuliah yang didesain untuk meningkatkan kemandirian
KETRAMPILAN KHUSUSMATAKULIAH
* = Konten minimal kurikulum prodi S1 Fisika
*KH1mampu merumuskan gejala dan masalah fisis melalui analisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen;Praktikum yang mencakup konsep klasik dan kuantum, dengan membmerikan terlebih dahulu tode eksperimen (pengukuran, pengolahan data, analisis data)
*KH2mampu menghasilkan model matematis atau model fisis yang sesuai dengan hipotesis atau prakiraan dampak dari fenomena yangmenjadi subyek pembahasan;Konsep-konsep fisika yang sesuai.
*KH3mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan fisis dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat;Konsep-konsep fisika secara komprehensif dengan melakukan metode numerik dan analitik, komputasi, optimasi, konsep fisika, menelaah pustaka.
*KH4mampu memprediksi potensi penerapan perilaku fisis dalam teknologi;Konsep-konsep fisika secara komprehensif dan menelaah pustaka.
*KH5mampu mendiseminasikan hasil kajian masalah dan perilaku fisis dari gejala sederhana dalam bentuk laporan atau kertas kerja sesuai kaidah ilmiah baku.Memberikan kemampuan untuk membuat laporan tertulis (laporan praktikum, makalah, skripsi) dengan format sesuai kaidah penulisan ilmiah yang baku dan mempresentasikannya
+KH6mampu membuat desain program+ Fisika komputasi
+KH7mampu merancang dan menjalankan penelitian dengan metodologi yang benar.+ Eksperimen Fisika
+KH8Mampu menggunakan peralatan laboratorium