web analytics

The child has one intuitive aim: self development

GESIT PODCAST EPISODE #02_APA ITU FISIKA INSTRUMENTASI ?

Setelah sebelumnya kita berkenalan dengan Program Studi Fisika,  di episode 2 (dua) ini kita membahas tentang Fisika Instrumentasi bersama Bapak Ali Warsito, S.Si., M.Si,  Dosen Program Studi Fisika FST-UNDANA, bidang kepeminatan Fisika Instrumentasi yang telah mengabdi sejak tahun 2005.  Berbicara tentang ilmu Fisika tentunya tidak terlepas dari rumus-rumus dan perhitungan . Sebagai seorang Dosen, beliau menanggapi stigma bahwa Fisika merupakan ilmu yang sulit sebagai  hal yang wajar, tergantung dari tenaga pendidik dalam menyampaikan materi. Sebagian besar pendidik lebih menekankan `tools` atau matematik dari Fisika serta siswa diarahkan untuk memahami konsep dan menyelesaikan  soal hitungan, akan tetapi alangkah baiknya jika para siswa diarahkan untuk mendapatkan `rasa` Fisika agar menjadi lebih menarik.  

Dengan sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring, menjelaskan ilmu yang mengandung perhitungan cukup menantang bagi para tenaga pendidik. Bapak Ali Warsito membagikan kiatnya dalam mengajar online yaitu dengan memberikan fasilitas berupa buku referensi kepada mahasiswa yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab melalui chatt group untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa. Selain itu beliau juga selalu menerapkan sistem `bertanya atau ditanya`, sehingga mahasiswa harus selalu siap untuk mengikuti perkuliahan.

Bapak Ali Warsito memaknai Fisika Instrumentasi sebagai ilmu sekaligus seni dalam  mengelola sistem piranti dari level pengukuran sampai pada sistem kontrol yang berkaitan dengan besaran-besaran fisika dan sejalan dengan perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi. Peranan Fisika Instrumentasi sangat fundamental karena dapat berperan disemua sektor industri 4.0 yang mencakup interaksi otomasi pabrik, cloud computing dan terapan-terapan kecerdasan buatan. Prospek kerja lulusan instrumentasi yang secara akademik sudah dibekali dengan skill pemrograman, sistem-sistem instrumentasi dan perancangan  sangat dibutuhkan dibidang industri. Instrumentasi merupakan ilmu multidisiplin yang bisa berperan disemua bidang seperti dibagian medis,  perusahaan-perusahaan berbasis IT, dan dengan dibangunnya teleskop terbesar di-NTT sekarang ini Fiska Instrumentasi bisa mengabil peran dibidang Instrumentasi Astronomi.

Lebih lanjut lagi beliau bercerita mengenai topik penelitiannya beberapa tahun terakhir mengenai alat musik sasando, yang berawal dari tugas pengabdian untuk mengangkat potensi sasando dari sisi perdagangan dan setelah  dilihat lebih dalam sasando bukannya hanya tentang seni dan budaya tetapi juga sangat berkaitan dengan limu Fisika. Diversifikasi sasando yang awalnya tradisional dan sekarang sudah berkembang menjadi elektrik ternyata dilakukan oleh seorang guru Fisika yaitu Bpk. Arnoldus Edon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *