web analytics

The child has one intuitive aim: self development

WEBINAR COVID-19 dan NEW NORMAL HMPS FISIKA FST UNDANA

COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Pandemi akibat virus ini mampu membuat para ilmuwan dunia kebingungan untuk menemukan vaksin yang tepat. Cepatnya penularan virus serta banyaknya korban yang berjatuhan menyebabkan semua kegiatan masyarakat dilakukan dari rumah (Work From Home). Hal ini pula yang menjadi pemicu bagi Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (BPHMPS) Fisika untuk mengadakan webinar terkait pemahaman pandemi COVID-19 dari beberapa bidang ilmu antara lain bidang Kedokteran, Matematika, Kesehatan Masyarakat, dan Fisika.

Webinar dengan tema “Kajian Aspek Medis, Fisika, Model Statistik dan Kesehatan Masyarakat dari Pandemi COVID-19” ini diselenggarakan pada Kamis, 23 Oktober 2020 yang dihadiri kurang lebih 500 peserta dari kalangan dosen, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Dalam laporan kegiatan, Yohanes selaku Ketua Panitia dan Ketua HMPS Fisika mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya webinar ini yaitu untuk memberikan edukasi terkait COVID-19 dari bidang Medis, Fisika, Model Statistik dan Kesehatan Masyarakat serta memberikan pemahaman terkait new normal bagi masyarakat. Pada kesempatan ini dihadirkan para narasumber yang sangat berkompeten dengan materi yang tidak kalah menarik.

Narasumber dari bidang medis, dr. Desi Indriarini, M.Biomed, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana memaparkan materi tentang Corona Virus Disease 2019. Beliau menerangkan bahwa Coronavirus bukan merupakan virus baru, melainkan sudah ada sejak lama. Jenis virus ini juga memiliki banyak varian dimana pada awalnya tidak menyerang manusia melainkan menyerang hewan. Varian-varian virus ini kemudian terus muncul dan bermutasi secara genotip dan fenotip kemudian menyebabkan penyakit dengan mortalitas yang lebih tinggi.

Penyebaran virus yang sangat cepat mengharuskan kita untuk selalu waspada dalam kegiatan sehari-hari. Amelya Betsalonia Sir SKM, M.Kes, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana menyampaikan materi tentang Tatanan Baru Kehidupan atau New Normal. Dikatakan bahwa kondisi new normal ada agar kita dapat beradaptasi dengan virus COVID-19 dan menjalani kehidupan normal lagi namun dengan standar yang baru. Pemateri juga menjelaskan tentang new normal kit yang harus dipersiapkan ketika beraktivitas di luar rumah.

Representasi dari data penyebaran yang ada dapat djadikan sebuah model matematis dengan pendekatan statistik untuk dapat dianalisa dan dipahami dengan baik. Meksianis Z. Ndii, S.Si., M.Math Sc, Ph.D, Dosen Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana memaparkan materi tentang Model Matematika Sederhana untuk Memahami Penyebaran COVID-19. Disini beliau mengajak kita untuk dapat melihat suatu peristiwa dari sudut pandang berbeda yang dalam hal ini dilihat dari sudut pandang Matematika. Lebih lanjut, Beliau menjelaskan tentang konsep reproduction number atau rata-rata satu orang terinfeksi bisa menginfeksi orang lain.

Banyak hal dilakukan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus, salah satunya dengan mendeteksi gejala awal yang muncul menggunakan teknologi medis yang tersedia. Fisika menjadi dasar berbagai pengembangan ilmu dan teknologi dimana kaitan antara fisika dan displin ilmu lain dapat membentuk disiplin ilmu baru contohnya Fisika dan Ilmu Kesehatan menjadi Fisika Medis.  Laura A.S. Lapono, S.Si.,M.Sc, Dosen Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana menjelaskan materi tentang Peran Fisika Dalam Pandemi COVID-19. Pada kesempatan ini Ibu Laura menjelaskan tentang prinsip kerja dari thermogun dan spirometer yang bermanfaat untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Beliau juga menjelaskan terkait hoax mengenai thermogun yang marak digunakan di masa pandemi ini.

Penyebaran COVID-19 dapat diputuskan dimulai dari diri kita sendiri. Mematuhi kaidah tatanan hidup baru dengan baik dapat menyelamatkan banyak orang dari virus ini. Sebagai mahasiswa hendaknya kita bisa menjadi penyalur ilmu bagi orang lain dengan mengedepankan fakta yang ada. Dengan diselenggarakannya webinar ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di masyarakat serta meluruskan hoax yang banyak beredar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *