web analytics

Profil Program Studi Fisika

Prodi Fisika UNDANA merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran terhadap mahasiswa strata 1 (S1). Prodi Fisika  yang   berdiri berdasarkan SK Rektor UNDANA No. 45 Tahun 2000, dan diperkuat melalui surat keputusan DIKTI No. 2802/D/T/2001 tanggal 31 Agustus 2001 menjadi prodi pada FMIPA. Pada April 2006 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2006 berada dalam naungan Fakultas Sains dan Teknik (FST).

VISI
Visi Jurusan Fisika yakni menjadikan Jurusan Fisika sebagai wahana pendidikan, penelitian, pengembangan, pelayanan dan penerapan fisika secara terpadu, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan dalam skala daerah, nasional dan internasional.

MISI
Misi Jurusan Fisika, yang merupakan penjabaran misi universitas adalah:

  1. Menyediakan proses pembelajaran berkualitas, sehingga lulusan dapat mengikuti perkembangan fisika, mampu bersaing dalam pasar kerja, serta dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Melakukan kegiatan penelitian fisika untuk menunjang proses pembelajaran dan pengembangan fisika.
  3. Menyebarluaskan fisika kepada masyarakat lewat kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan fisika terapan, khususnya yang berbasis lingkungan dalam kehidupan masyarakat.
  4. Menjadikan Jurusan Fisika yang merupakan bagian dari basic-sciences memiliki karakteristik tertentu dan bersifat sangat khusus, sehingga dapat menarik mahasiswa untuk belajar di Jurusan Fisika FST Undana.
  5. Menjadikan jurusan fisika sebagai pusat layanan penelitian, pelatihan, konsultasi dan jasa dalam bidang keilmuan fisika dan terapannya.

Tujuan dan Sasaran
Tujuan dan Sasaran Program Studi Fisika adalah :

  1. Menciptakan suasanan akademik yang kondusif dalam kegiatan proses belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat (PPM).
  2. Memperluas jangkauan layanan fisika sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Mempersiapkan lulusan berkualitas tinggi yang dapat diserap oleh pasar dan mampu berkompetisi dalam memperoleh pekerjaan, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Menjalin kerja sama dengan institusi lain dalam rangka meningkatkan bidang pendidikan, penelitian, dan PPM.
  5. Melakukan kerja sama dalam bidang pembelajaran dan penelitian (misalnya pertukaran tenaga dosen dan teknisi) dengan universitas lain, baik dalam negeri maupun luar negeri.