web analytics

The child has one intuitive aim: self development

Studi Ekskursi Program Studi Fisika FST-UNDANA

Mahasiswa Fisika-FST UNDANA Kunjungi Soe-TTS

fotostudiekskursi2019
Kegiatan kuliah lapangan mahasiswa bidang kepeminatan geofisika (Foto :Phositron’17)

Soe-NTT. Studi Ekskursi merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi Fisika FST-UNDANA dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk melengkapi mutu pembelajaran ekstra, intra dan co-kurikuler. Studi ekskursi yang diselenggarakan selama 3 hari  yaitu, pada tanggal 25-27 Oktober 2019 dilakukan di desa Noinbila, Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kegiatan ini utamanya memberi kesempatan kepada mahasiswa/i bidang kepeminatan Geofisika agar dapat belajar dan mempraktekkan apa yang telah dipelajari . Pelaksanaan kegiatan ini menjadi wadah bagi mereka sebagai proses pengimplementasian ilmu yang diperoleh dari hasil pembelajaraan di kampus.

Kegiatan ini dimulai dengan proses penerimaan secara adat seluruh peserta Studi Ekskursi termasuk Bapak/Ibu Dosen yang juga turut mengambil bagian pada kegiatan ini, oleh para tua adat dan tokoh masyarakat di desa Noinbila pada Jumat malam (25 Oktober 2019). Di hari berikutnya seluruh peserta dan Bapak/Ibu Dosen melanjutkan kegiatan sesuai dengan bidang  kepeminatan masing-masing, di mana bidang kepeminatan Geofisika melaksanakan kuliah lapangan dengan menelusuri topografi di desa Noinbila sejauh 14 km sementara bidang kepemintan Fisika Instrumentasi dan Fisika Material melakukan demo sains di SMPN 2 Mollo Selatan dan SMA Negeri 1 Mollo Selatan. Semua siswa/i di kedua sekolah tersebut begitu antusias dalam menyimak setiap materi yang disampaikan oleh mahasiswa/i dari Prodi Fisika Undana, hal ini terlihat bagaimana mereka aktif mengajukan pertanyaan terkait dengan setiap materi yang disampaikan. Dan kegiatan inti dari studi ekskursi ini berakhir pada hari kedua Sabtu 26 Oktober 2019.

Selain pemenuhan tujuan terlaksanannya kegiatan ini untuk ilmu dan pengetahuan, para mahasiswa juga menjadikannya sebagai ajang untuk refreshing diri dari padatnya kegiatan perkuliahan. Seluruh mahasiswa menikmati setiap menitnya perjalanan dari Kupang menuju Soe dengan bercanda bersama dan bernyanyi di bus yang menjadi kendaraan kegiatan ini.Tak terbatas disitu saja, para mahasiswa juga menikmati dinginnya Desa Noinbila, Soe pada malam dan pagi hari saat jam kegiatan kosong dan juga menikmati pesona alam yang  tersedia di alam Noinbila salah satunya air terjun Tagepe.

Acara puncak yang diakhiri dengan upacara api unggun di mana pada kesempatan tersebut para mahasiswa tingkat 1 sampai tingkat akhir, juga alumni dan Bapak/Ibu dosen menikmati kebersamaan di tengah dinginnya Desa Noinbila. Di upacara api unggun tersebut, dalam sambutannya Ketua Program Studi Fisika menyebutkan makna sekaligus manfaat dari api unggun tersebut. “Adanya api unggun yang kita nyalakan pada saat ini menjadi simbol kehangatan dan kebersamaan di antara sesama sivitas akademika Program Studi Fisika agar senantiasa memupuk persatuan dalam semangat persaudaraan”.

Tampak wajah-wajah yang sebelumnya lelah karena banyaknya kegiatan kini terlihat kembali segar setelah memanjakan diri dengan beragam kegiatan positif bersama para sahabat. Kegiatan Studi Ekskursi tersebut bukan hanya sekedar untuk mendapatkan ilmu  pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi di era global bagi mahasiswa namun juga ajang refershing dari penatnya aktivitas perkuliahan dan mengakrabkan diri diantara mahasiswa.

Red: Phositron’17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *