web analytics

The child has one intuitive aim: self development

WEBINAR SERI#03 – PRODI FISIKA

Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari objek langit serta fenomena-fenomena yang menyertainya. Ilmu ini sudah ada sejak jaman dahulu dan  merupakan salah satu ilmu pengetahuan tertua di muka bumi, dimana hal ini dapat dilihat dari artefak-artefak peninggalan sejarah. Diera modern ini, astronomi memberikan pengaruh besar diberbagi aspek kehidupan mulai dari aspek Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, medis bahkan di kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari. Contoh sederhananya iyalah  kalender, aplikasi dan peralatan navigasi, astrologi, jaringan area lokal nirkabel/wireless local area network (WLAN) dan masih banyak lagi.

Webinar Seri#03 yang diselenggarakan oleh Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana pada tanggal 14 Januari 2021, berbicara mengenai ‘Kajian Semesta Melalui Astronomi’, menghadirkan Dr. Budi Dermawan, M.Sc dari Kelompok Keilmuan Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung.  Beliau memberikan gambaran mengenai hubungan antara semesta, astronomi dan fisika. Menurut Dr. Budi,  belajar astronomi seperti suatu pengalaman yang tidak terjamah karena tidak ada sampel yang bisa diambil untuk diperiksa di Laboratorium, akan tetapi melalui informasi-informasi tertentu yang sampai ke manusia, hal ini bisa dipelajari, diidentifikasi dan dianalisis menggunakan hukum-hukum fisika.

Kegiatan yang dipandu oleh Juliany Nigsih Mohamad, S.Si.,M.Sc, dan Jehunias L. Tanesib, S.Si., M.Sc ini dibuka oleh Ketua Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana, Andreas Christian Louk, S.Si., M.Sc yang dalam sambutannya berharap agar webiar ini dapat memberikan pemahaman mendalam (insight) kepada mahasiswa fisika terkait ilmu astronomi, dimana hal ini berkaitan dengan dicanangkan bahwa PRODI Fisika FST UNDANA akan membuka satu kepeminatan baru yaitu Astronomi pada pertengahan tahun ini, juga agar kerjasama yang terjalin antar-PRODI Fisika FST UNDANA dan FMIPA ITB tetap terjalin dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *