web analytics

The child has one intuitive aim: self development

WEBINAR SERI #02 PRODI FISIKA

Perkembangan sains dan rekayasa material untuk teknologi modern yang semakin tinggi, menuntut perkembangan material yang berkualitas. Menanggapi hal ini, pada 17 Desember 2020, Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana mengadakan webinar seri #02 yang mengangkat tema “Aplikasi Fisika Pada Ilmu Material”. Webinar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman khusus mengenai identifikasi, modifikasi, dan rekayasa material menghadirkan Prof. Dr. Eng. Yusril Yusuf, M.Eng. M.Si, Dr. Valentinus Galih V. Putra, M.Sc dan Dr. Masturi S.Pd. M,Si sebagai pemateri yang dipandu oleh Juliany Nigsih Mohamad, S.Si.,M.Sc, Laura A. S. Lapono, S.Si., M.Sc, dan Minsyahril Bukit, S.Si., M.Si.. Dalam sambutan pembuka, Dekan Fakultas Sains dan Teknik Unversitas Nusa Cendana, Dr. Drs. Hery Leo Sianturi, M.Si menyampaikan harapannya agar para peneliti dan mahasiswa dapat bersama-sama belajar dan berdiskusi guna pemenuhan kebutuhan terhadap material dengan kualitas yang lebih baik bisa tercapai.

Fisika material merupakan bidang ilmu yang mengkaji mengenai sifat fisik dari suatu material dimana ilmu ini berperan dalam menghasilkan material baru sesuai dengan kebutuhan industri modern. Prof. Dr. Eng. Yusril Yusuf, M.Eng. M.Si dari Universitas Gajah Mada yang memaparkan materi tentang Biomaterials And Bioplastics From Bio-Wastes. Biomaterial iyalah material yang dapat di aplikasikan pada tubuh biologis seperti tubuh manusia, contohnya untuk menggatikan tulang yang patah, gigi dan lain-lain. Saat ini bahan untuk biomaterial masih didominasi oleh pasar luar, Beliau menyampaikan bahwa NTT memiliki potensi untuk mengembangkan dan melakukan riset terkait material dari limbah biologis karena lebih banyak raw material yang tersedia. 

Selain di bidang medis, rekayasa material juga diterapkan di bidang tekstil. Dr. Valentinus Galih V. Putra, M.Sc dari Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung memaparkan materi tentang Penerapan Fisika Plasma Pada Tekstil. Disini kita belajar bagaimana fisika memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas material sebagai material sandang (wareable) dan non-sandang (E-Textile, Smart Textile, Geotextile dan Tekstil Medis).

Pada abad ini teknologi berdampak pada setiap aspek kehidupan dan semakin mempermudah pekerjaan manusia. Hal ini pun sebanding dengan tuntutan akan material terbaru yang lebih baik dari sebelumnya. Dr. Masturi S.Pd. M,Si dari Universitas Negeri Semarang memaparkan materi terkait Riset dan Publikasi Pada Bidang Material, dimana sebagai peneliti, Dosen dan Mahasiswa patutnya terus meneliti dan mempublikasi hasil penelitian. Beliau juga membagikan pengalamannya agar bisa tetap melakukan riset yaitu dengan melakukan penelitian menggunakan bahan lokal yang berlimpah, Pemodelan (modeling) serta analisis baru yang dimungkinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *